Burgers, Pioneernya Sepeda Belanda

Burger

Produsen sepeda Burgers didirikan oleh orang Belanda bernama Henricus Burgers (1843-1903), di kota Deventer, Belanda. Ia membuat sepeda pertamanya di tahun 1868, dan Burgers dikenal sebagai perintis pabrik sepeda pertama (pioneer) di negeri kincir angin itu. Tulisan Burgers selalu dilengkapi dengan huruf ENR, singkatan dari Eerste Nederlandsche Rijwielfabriek. Artinya Burgers adalah pabrik sepeda pertama yang didirikan di Belanda.

Menurut catatan sejarah, awalnya Henricus Burgers berprofesi sebagai pandai besi di kota kecil bernama Deventer. Karena keinginanya berbisnis sepeda, ia pun mendirikan pabrik sepeda Burgers di tahun 1875. Burgers pun menyatakan bahwa pabriknya merupakan industri sepeda pertama yang ada di Belanda.

Dalam perkembangannya, perusahaan Burgers kian maju, sehingga di tahun 1892 Burgers pun harus memperluas pabrik sepedanya. Alhasil, di tahun 1896 Burgers menjadi perusahaan sepeda yang tergolong besar di kota Deventer. Bermodal awal sekitar f 400.000,- Burgers membuat pabrik barunya yang memproduksi sebanyak 5000 hingga 6000 unit sepeda pertahun. Sebenarnya pada 1892 Burgers hanya mampu membuat sebanyak 2000 sampai 3000 unit sepeda. Semakin pesatnya produksi sepeda, akhirnya Burgers pun berubah menjadi perseroan terbatas. Burgers ketika itu bersama Simplex merupakan produsen sepeda terbesar di negeri Belanda.

Selanjutnya Burgers mempatenkan gear (crank) yang disebut “Burgers Excentric Gear” crankshaft. Di tahun 1900, Burgers memproduksi sepeda motor yang pertama, bahkan membuat mobil pertama kali. Pada 1897, Burgers Acatène adalah sepeda motor universal pertama diperkenalkan ke pasar. Burgers membuat sebagian besar onderdilnya sendiri, termasuk ban, pelek, jari-jari dan sadel. Di tahun 1900, Burgers memperoleh pedali perak diajang pameran sepeda dunia di Paris, Perancis. Di pameran itu, Burgers memperkenalkan sepeda lipat pertama kali yang dibuat di Belanda. Sepeda lipat untuk militer ini dirancang dan dibangun oleh Letnan Van Wagtendonk.

Pada 1900, Burgers membuat crankshaft keyless. Sebuah inovasi baru dalam hal komponen, Burgers pun membuat sendiri konstruksi Ballhead, sebuah fender yang diperpanjang dan rem permanen dipasang (stande) pada garpu belakang. Burgers juga merupakan pabrik sepeda pertama yang mempelopori semua sepeda menggunakan rantai.

Pada 1 Januari 1903, Henricus Burgers meninggal dunia tepat pada hari ulang tahunnya yang ke 60. Sebagai pengganti direktur perusahaan diangkatlah A. Beers hingga 1909. Kemudian A. Beers diganti oleh Gerad W.J. Kilsdonk yang menjalankan fungsinya sebagai direktur perusahaan selama 36 tahun. Kilsdonk, dikenal sebagai pengusaha yang dinamis bahkan ia dicap sebagai orang yang sangat otoriter dalam memimpin perusahaan Burgers.

Di tahun 1928, Burgers memperluas dan membangun pabrik sepeda yang kedua, dan didaerah Roermond pabrik Burgers dibuka. Pada 1931, Burgers membuat sepeda bertenaga mesin (hulpmotor) pertama kali. Selain itu, perusahaan Burgers pun menjual sepeda di bawah merek Padvinder, Riche dan New Elswick.

Adanya krisis ekonomi yang melanda Eropa termasuk Belanda pada dekade 1930-an yang meyebabkan persaingan industri sepeda sangat ketat, Burgers pun berusaha menjadi produsen sepeda dengan posisi terkemuka diantara produsen sepeda Belanda. Burgers berusaha tampil dengan memiliki kelebihan pada bagian-bagian sepedanya ketimbang sepeda perusahaan lain di masa kejayaannya sekitar tahun 1900. Tapi Burgers memainkan peranan itu sampai awal perang dunia pertama.

Berakhirnya perang dunia kedua merupakan awal dimulainya kemunduran secara bertahap perusahaan Burgers. Direktur Kilsdonk mengundurkan diri sebagai direktur pada April 1945, dan dia tidak akan kembali ke perusahaan Burgers. Perusahaan Burgers kemudian dikelola oleh pemerintah yang memperkenalkan sepeda mesin (moped) dan sepeda model olahraga modern. Pada akhir 1949, Albert de Geus ditunjuk sebagai direktur teknis Burgers. Dia sangat antusias dalam karyanya, namun sayang karya sang direktur teknis ini tidak berhasil. Contohnya pada 1952, ia memperkenalkan sepeda Whisper, sepeda bermesin khusus yang rendah noisenya, namun karena terkendala masalah teknis setelah beberapa bulan sepeda moped ini ditarik dari pasaran.

Pada periode selanjutnya di dalam kepemimpinan perusahaan Burgers terjadi perpecahan. Direktur De Geus percaya bahwa perusahaan Burgers tetap akan berjalan karena Burgers memiliki reputasi besar. Sedang para komisaris perusahaan percaya bahwa kepentingan para pemegang saham lebih baik bila Burgers digabung atau dilikuidasi.

Pada 1961, kondisi perusahaan sepeda Burgers kian memburuk. Perusahaan ini hanya memproduksi sekitar 15.000 sepeda pertahun. Selain itu, finansial perusahaan Burgers pada dekade 1950-an semakin menyusust. Alhasil, tanpa sepengetahuan sang direktur, Dewan komisaris merekomendasikan perusahaan Burgers untuk dijual ke Pabrik Sepeda PON dari Amersfoort. Para pemegang saham Burgers setuju, akhirnya di tahun 1961, Burgers di jual dan De Geus pun diberhentikan sebagai direktur Burgers.

PON merupakan merek sepeda yang tergolong lama, tetapi tidak memiliki nama besar di pasar sepeda Belanda. Namun dalam perjalanannya PON pun melikuidasi perusahaan dan menjualnya ke pabrik Juncker yang merupakan bagian dari Apeldoorn.

Burgers ketika diera kejayaannya merupakan salah satu pabrik sepeda terbesar di Belanda. Burgers memiliki nama besar untuk sepeda berkualitas tinggi. Bahkan Burgers tergolong perusahaan yang progresif dan inovatif sampai akhirnya pada tahun 1950-an, Burgers menjadi merek sepeda tanpa aura.

Ciri Sepeda Tua Burgers Deventer

Ciri yang akan segera terlihat dari sepeda Burgers adalah spatboardnya yang khas dengan lekukan membelah persis di tengahnya, sementara ujung depan maupun belakang agak mencuat menyerupai jambul.Stang Burgers berbentuk elang terbang leka dengan bentangan sayap terangkat tinggi (dhongklok), di tengahnya tertulis merek Burgers dalam huruf latin. Bentuk tuas rem pada stang Burgers ikut melengkung mengikuti bentuk stangnya. Stang Burgers seri lama biasanya terdapat cap lambang Burgers dibagian pipa bawah stang yang menghadap belakang . Selain itu, stang Burgers lama tuas rem bentuknya bulat seperti miliknya Gazelle, hanya ujungnya cembung tidak seperti Gazelle yang datar. Model stang juga cukup mendongak keatas, seperti bentuk stang sepeda tua lainnya.

Kom stangnya berbentuk lengkung serupa cincin, menggenggam tangkai lampu yang jika pada sepeda lain biasanya terdapat inisial merek, tetapi pada sepeda Burgers justru rata, tidak berlubang. Bahu fork bagian atasnya melandai. Karet rem depan maupun belakang menempel pada tuas berbentuk lengkung yang lebar, sementara klem kawat remnya menggunakan engsel seperti pada sepeda Batavus.

Seperti sepeda Batavus, Burgers tipe heren memakai gir depan berbentuk Y dengan rotel atau tangkai kayuhan yang bersegi (pingul). Ketengkasnya yang mungil tidak membungkus rantai secara penuh, tetapi hanya separo, yaitu hanya melindungi rantai dari sisi luar saja sehingga rantai tetap terlihat dari sisi kiri sepeda. Biasanya bawaan as roda sepeda Burgers ini menggunakan merek Atom. Burgers pun tampilannya sederhana, kuat, dan ringan dikayuh sehingga membuat sepeda ini cukup nyaman untuk perjalanan jauh.

Nomor Frame Burgers

Tidak ada data lengkap dari nomor frame Burgers. Namun demikian, Burgers selama tahun 1930 – 1961 sampai saat ini bisa dikenali secara langsung. Kebanyakan nomor frame dari periode ini, dikenali dengan Huruf di depan angka, kecuali dengan nomor (lima digit) yang dijelaskan sebagai berikut :

Periode tahun – Frame

1. 1930-1936 C
2. 1937-1949 E
3. 1950-54 H
4. 1955-56 K
5. 1956-61 S
6. 1940 R

Sering juga penomoran Burgers ini tumpang tindih dan tidak tertib karena periodenya tidak tentu, kadang dalam empat hingga enam tahun. Contoh nomor seri C85372 bila diurutkan dalam jumlah produksi per 100.000 unit maka nomor frame C85372 itu sekitar tahun 1935-1936. Setelah Burgers bergabung dengan PON (Amersfoort) sehingga frame number mengikuti sistem penomoran produksi PON. (Oldbike in History, diolah dari beragam sumber. Foto koleksi : onthelpotorono, pada foto tampak model Burgers tipe heren)

Sumber : FB Oldbike in History

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

2 Balasan ke Burgers, Pioneernya Sepeda Belanda

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s