Gazelle, Sepeda Yang Melintas Zaman

Gazelle

Awal sejarah sepeda Gazelle ketika di tahun 1892 seorang bernama Willem Kolling mengundurkan diri sebagai karyawan agen kantor pos yang berada di daerah Dieren, Belanda. Kemudian ia mulai berbisnis sepeda yang dipesannya dari Inggris. Usaha penjualan sepeda ini kian berkembang pesat saat Willem Kolling bekerjasama dengan sahabatnya yang bernama Rudolf Arentzen. Rudolf Arentzen merupakan seorang pengecer perangkat dari besi dan kompor yang masih satu kampung dengan Willem Kolling.

Karena keinginanya yang begitu besar di bisnis sepeda, kedua sahabat itu di tahun 1902 membangun pabrik sepeda yang berlokasi di Dieren. Saat itulah sepeda Gazelle mulai dipasarkan di Belanda, dan selanjutnya di jual ke negara Eropa lainnya. Meskipun bisnis sepedanya berkembang pesat, namun di tahun 1905, Rudolf Arentzen memutuskan mengundurkan diri dari perusahaan yang didirikannya. Lalu posisinya diganti oleh saudara Willem Kolling yang bernama Hedrik Kolling.

Pada 1915, keluarga Kolling dan sepupunya bernama Jan Breuking mengganti nama perusahaan menjadi N.V. Gazelle Rijwiefabriek v/h Arentzen en Koling. Saat itulah permintaan sepeda Gazelle dari luar negeri berkembang pesat, termasuk dari Hindia Belanda (Indonesia) yang waktu itu menjadi wilayah jajahan Belanda. Konon di wilayah Hindia Belanda, Gazelle melakukan strategi marketing yang terbilang serius guna memperkenalkan sepeda Gazelle pada masyarakat di tanah jajahan Belanda itu. Beragam cara dijalankan, sedari memasang iklan diberbagai koran. membuat brosur, komik, hingga berkolaborasi dengan produsen radio di Belanda. Nah, nyatanya strategi ini sangat berhasil membuat citra sepeda Gazelle di Hindia Belanda menjadi bagus dan berharga tinggi.

Pada 1930-1931, Gazelle memperkenalkan model kerangka silang 9X dan 8V. Berbagai variasi merek Invicta termasuk merek Gelria diperkenalan dalam katalog Gazelle. Namun dalam perkembangannya pada masa Perang Dunia II (WW 2), pabrik Gazelle mengalami kerusakan hebat karena dihancurkan oleh tentara Nazi Jerman. Pasca Perang Dunia II, tepatnya pada Agustus 1946, Gazelle kembali berproduksi. Di tahun 1954, perusahaan gazelle yang merupakan perusahaan pribadi berubah menjadi in-corporation dan pada saat itu Gazelle telah memproduksi satu juta unit sepeda. Pada 1963, Gazelle melakukan merger dengan produsen sepeda Batavus dari Heerenveen, Belanda. Namun karena tidak ada kecocokan di antara dua produsen sepeda ini akhirnya kerja sama tersebut tidak bertahan lama. Alhasil, dua tahun kemudian kedua perusahaan itu berpisah.

Pada 1964, Gazelle merupakan perusahaan Belanda yang pertama memperkenalkan sepeda lipat (folding bike) yang dinamai kwiksteep. Sepeda ini dilipat pada sumbu horisontal di bawah siku-siku bawah (bootom bracket), tidak pada sumbu vertikal. Selang dua tahun kemudian tepat di tahun 1966, Gazelle memperkenalkan sepeda model tandem moderen yang ringan sebanyak dua juta unit. Dua tahun kemudian, Gazelle mengambil alih merek Juncker, Simplex dan Locomotive serta merek moped terkenal Berini. Selain itu, Gazelle mulai memproduksi hub poros depan dengan rem tromol (drum-brake front hub) bermerek Gazelle sampai sekarang.

Pada tahun 1971, Gazelle diambil alih oleh Tube Investment (TI) dan namanya sekarang telah berubah menjadi Gazelle Rijwielfabriek B.V. sebuah perseroan terbatas (private limited company). Baru pada tahun 1987, TI menjual divisi sepeda miliknya kepada Derby Cycles Corp, perusahaan multinasional yang berkantor pusat di New York yang juga memiliki pabrik sepeda bermerek Raleigh, Sturney-Archer dan merek-merek Jerman yang terkenal, seperti Kalkhoff, Rixe, Winora dan Staiger.

Hingga kini, Gazelle merupakan salah satu dari sedikit perusahaan besar pembuat sepeda yang masih memproduksi sepeda sendiri sebagian besar rangka sepeda. Sampai kini Gazelle masih menjadi pemimpin industri sepeda di Belanda.

Sepeda Gazelle dapat dilacak tahun pembuatannya dari daftar rangka yang disimpan di arsip Gazelle khususnya untuk periode pembuatan tahun 1916 – 1950. Sesudahnya, Gazelle menggunakan nomor langsung yang tertera di setiap sepeda sampai tahun 1974. Angka pertama mengacu angka terakhir tahun pembuatan. Semenjak tahun 1981, Gazelle menggunakan nomor rangka dengan tujuh angka. (Oldbike In History, diolah dari berbagai sumber Foto Koleksi : Gahetna, pada foto tampak show room sepeda Gazelle di Amsterdam, Belanda 1931).

Sumber : FB Oldbike in History

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s