Phillips, Topnya Sepeda Inggris Setelah Raleigh

Philiips

Inggris memang selalu memunculkan sepeda-sepeda kelas dunia. Sepeda buatan Inggris selalu menjadi panutan bagi produsen sepeda di seluruh jagat raya. Selama ini kita mengenal sepeda merek Raleigh sebagai sepeda terbesar di Inggris. Namun ada salah satu merek sepeda yang terbilang top di Inggris yaitu sepeda merek Phillips. Bahkan Phillips merupakan sepeda terbesar di Inggris setelah Raleigh.

Sejarah sepeda Phillips berawal ketika seorang bernama Walter Phillips membuat sepeda sekitar tahun 1880 di Birmingham, Inggris. Perusahaan sepedanya bernama Phillips Cycles Ltd yang merupakan produsen sepeda Inggris berbasis di Smethwick dekat Birmingham.

Sebenarnya sejarah sepeda Philips dimulai pada awal abad ke 20, kemudian Phillips diambil alih oleh Raleigh Industries sehingga masuk dalam British Cycle Coorporation (BCC) yang menangani beberapa merek sepeda seperti Raleigh, BSA, Phillips, Hercules, Sun, dan lainnya. Sebelum diambil alih oleh Raleigh, selama beberapa tahun Phillips merupakan produsen sepeda terbesar kedua setelah Raleigh. Moto perusahaan Phillips adalah “Terkenal Di Dunia”. Selain itu, Phillips adalah merek sepeda yang digunakan di seluruh dunia, terutama di Cina dan Timur Jauh setelah dilisensi oleh Raleigh Industries.

Perusahaan ini menghasilkan jutaan sepeda yang banyak diekspor keberbagai negara. Phillips pun memproduksi beberapa sepeda bermesin (moped) seperti model Panda dan Gadabout.
Phillips adalah salah satu eksportir sepeda paling top dan sukses di Inggris. Industri sepeda Phillips dinasionalisasi selama perang dunia, dan Phillips membuat sepeda militer untuk kepentingan tentara Inggris. Setelah perang dunia ke dua (WW2) selesai dalam sebuah gerakan nasional guna membayar hutang perang ke Amerika Serikat, industri sepeda Inggris memiliki peran penting dalam membantu pemerintah Inggris untuk melunasi hutang dan membangun perekonomian Inggris setelah perang.

Di Indonesia sepeda Phillips terbilang banyak yang menyukainya. Pasalnya, sepeda ini harganya relatif lebih murah ketimbang merek sepeda lainnya. Konon, Phillips banyak dipunyai oleh kalangan guru, petani, pegawai negeri sipil, dan sebagainya. Ingat sepeda kumbangnya Umar Bakri, Phillips itu merek sepedanya. (Oldbike In History, diolah dari berbagai sumber. Foto koleksi: cyclingnsht, foto iklan sepeda Phillips 1935)

Sumber : FB Oldbike in History

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s