Fongers BB 60 Crossframe: Asli Atau Aspal

Fonger BB 60

Tampilan sepeda Fongers BB 60 Crossframe ini memang apik namun apakah sepeda ini asli atau palsu. Nah, seorang pakar sepeda tua asal Belanda bernama Andre Koopmans mengatakan bahwa sepeda Fongers Crossframe (kruisframe) BB 60 ini sangat aneh. Andre mengatakan bahwa ketika Fongers BB 60 Crossframe ini dibuat, pabrik Fongers tidak lagi memproduksi sepeda Crossframe. Frame BB 60 ini memang frame Fongers namun ditambah atau dijadikan rangka silang yang lebih baru. Selain itu, frame silangnya berbeda dengan gambar Fongers crossframe yang ada di katalog Fongers tua. Andre pun mengatakan frame sepeda silang ini tampak bukan seperti buatan sendiri. “Saya tidak tahu apa ini, sangat aneh”, jelas Andre.

Menurut Andre, sepeda Fongers Crossframe terakhir diproduksi di tahun 1906 atau 1907. Pada katalog Fongers tua 1908, frame silang ini sudah hilang. Begitu juga pada katalog Fongers berikutnya, rangka silang ini sudah tak muncul lagi. Yang tersisa adalah sepeda-sepeda Fongers jenis transport untuk membawa barang. “ Jadi sepeda Fongers Crossframe BB 60 ini adalah buatan sendiri yang dilakukan oleh orang profesional, sehingga tidak terlihat seperti buatan disebuah gudang atau bengkel belakang rumah. Sepeda crossframe ini misterius”, jelas Andre.

Bingung juga nih pakar sepeda asal Belanda ini. Tapi bila kita mau menengok sejarah pemalsuan sepeda di Indonesia semestinya tak perlu bingung lagi. Pasalnya pemalsuan sepeda tua sudah ada sejak dari dulu hingga sekarang. Pelakunya pun orang-orang yang profesional dan tahu tentang sepeda onthel dari spesifikasi hingga model desainnya. Hati-hatilah bila membeli sepeda tua yang bentuknya aneh, apalagi dengan merek terkenal, sedang negara asal sepeda itu tak memproduksinya.(Oldbike In History, Foto koleksi : flickr.com)

Sumber : FB Oldbike In History

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

2 Balasan ke Fongers BB 60 Crossframe: Asli Atau Aspal

  1. capung2 berkata:

    hrs jeli juga ya dlm mmbeli sepeda onthel yg asli… slm kenal !

  2. Ichsan berkata:

    Iya betul banget…salam kenal juga…semoga sehat & sukses selalu…

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s