Fongers, Sepeda Resmi Tentara Hindia Belanda

Fonger utk tentara

Guna mempertahankan wilayah kekuasaannya kerajaan Belanda membangun kekuatan tentara di Hindia Belanda. Setelah perang jawa (Java Oorlog) selesai, pada 4 Desember 1830, Gubernur Jenderal Van den Bosch mengeluarkan keputusan yang dinamakan “Algemeene Orders voor het Nederlandsch-Oost-Indische leger”. Keputusan ini menetapkan pembentukan suatu organisasi ketentaraan yang baru untuk Hindia Belanda, yaitu Oost-Indische Leger (Tentara India Timur).

Di tahun 1836 atas saran dari Raja Willem I, tentara ini mendapat predikat “Koninklijk“. Ketika Hendrik Colijn yang pernah bertugas sebagai perwira di Oost-Indische Leger, menjadi Perdana Menteri, secara resmi tentara di India-Belanda dinamakan Koninklijk Nederlands-Indisch Leger, disingkat KNIL.

Istilah KNIL sebenarnya singkatan dari bahasa Belanda yaitu het Koninklijke Nederlands(ch)-Indische Leger, atau secara harafiah: Tentara Kerajaan Hindia-Belanda. Meskipun KNIL melayani pemerintahan Hindia-Belanda, banyak di antara anggota-anggotanya yang adalah penduduk bumiputra di Hindia-Belanda dan orang-orang Indo-Belanda, bukan orang-orang Belanda.

Setelah adanya penggunaan sepeda oleh kalangan militer, tentara KNIL di Hindia Belanda pun dilengkapi sepeda untuk keperluan pasukan. Seperti kita ketahui, kerajaan Belanda menggunakan tiga merek sepeda bagi tentaranya yaitu Fongers, Burgers, dan Simplex. Sepeda untuk militer Belanda ini dikenal dengan istilah WF (Wielrijders Fietsen). Nah, apakah ketiga merek sepeda Belanda ini juga digunakan oleh tentara KNIL Hindia Belanda? Ternyata tidak. Berikut penjelasanya.

Koran De Sumatra Post terbitan 1907 mengulas tentang kelangkaan atau kurangnya pasokan sepeda untuk pasukan Belanda. Pasukan-pasukan bersepeda KNIL ini beroperasi di beberapa wilayah nusantara (archipel) seperti pulau Sumatra terutama daerah Medan, Aceh, dan Sumatra Barat. Selain itu, juga pulau Jawa. Tentunya dibutuhkan sepeda yang berkualitas baik dan sesuai dengan kondisi tanah atau medan di Hindia Belanda. Namun pemerintah Belanda kebingungan dan terjadi perdebatan para petinggi Belanda mengenai sepeda merek apa yang tepat digunakan oleh tentaranya di Hindia Belanda. Saking alotnya perdebatan para petinggi Belanda ini berakibat pasokan sepeda untuk militernya terhambat. Awalnya pemerintahan Hindia Belanda menunjuk sepeda bermerek Brennabor buatan Germany untuk digunakan oleh tentara Hindia Belanda.

Koran Het Nieuws Van Den Dag Voor Nederlandsch Indie terbitan 1909 menulis tentang sepeda Brennabor (Brennabor Rijwielen) yang digunakan oleh tentara Hindia Belanda. Berikut tulisan berita yang sudah diterjemahkan ke bahasa Indonesia

Sepeda Brennabor

Sebagai tanda terima kasih kami terima dari Brennabor sebenarnya untuk Brandenburg a / d Havel giel di dermaga sekitar 1907 daftar harga produk yang diproduksi oleh sepedanya.

Seperti diketahui, sepeda Brennabor digunakan di weilrijdersbrigade dari tentara India Belanda (Het Nieuws Van Den Dag Voor Nederlandsch Indie, 1907).

Setelah melalui perdebatan sengit dan pemeriksaan sepeda yang tepat, akhirnya pada 1909, secara resmi pemerintah kerajaan Belanda menunjuk produsen sepeda Fongers untuk membuat sepeda untuk digunakan tentara Hindia Belanda (Indische Leger).

Koran De Sumatra Post terbitan 1909 menulis berita tentang sepeda Fongers untuk tentara Hindia Belanda :

Sepeda Untuk Tentara Hindia Belanda

Fongers sepeda untuk militer India Belanda. Setelah berbagai keberatan dan diperiksa di Belanda (De Sumatra Post 1910).

Dipilihnya Fongers untuk militer di Hindia Belanda, menurut koran De Sumatra Post tersebut karena sepeda Fongers sesuai dengan kondisi jalan dan tanah, sehingga dibutuhkan sepeda yang mampu memenuhi tuntutan tinggi pasukan. Selain itu, sepeda Fongers telah memiliki reputasi bagus di kalangan orang-orang Hindia Belanda.

Ada beberapa tipe sepeda Fongers untuk militer ini sebut saja CCG, HZ yang dipakai waktu Perang Dunia 1 pada 1914. Fongers HZ militer ini bercirikan : rem depan sudah memakai tromol namun menggunakan tromol sebelah kanan, sedang rem belakang menggunakan torpedo. Ada juga tipe HF yang digunakan dekade 1930-an. (Oldbike In History, sumber : dari beragam sumber. Foto koleksi : fongers.net, pada foto adalah poster iklan sepeda Fongers tentara Hindia Belanda (Nederlandsch Indische leger)

Sumber : FB Oldbike in History

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

4 Balasan ke Fongers, Sepeda Resmi Tentara Hindia Belanda

  1. capung2 berkata:

    adakah komunitas sepeda ontel yg menggunakan jenis fongers saat ini.. ?

    • Ichsan berkata:

      yang pakai Fonger ada cuma sedikit sekali, apalagi di tempat kami Kalimantan Selatan, Fonger termasuk Sepeda yang susah dicari/langka, dibanding merek lain seperti Raliegh, Phillips, Humber atau lainnya…

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s