Locomotief Cross Frame, Ikonnya Sepeda Negeri Kincir Angin

Locomotief Cross Frame
Sejak periode1880-an , banyak produsen sepeda (cycle) bermimpi mampu membuat sepeda yang cocok digunakan baik oleh pria maupun wanita, ketimbang harus membuat model terpisah dari sepeda pada umumnya. Produsen sepeda Raleigh mematenkan model bingkai crossframe (X) pada akhir 1890. Produsen Raleigh membuat dua desain yang berbeda dari bingkai crossframe , dengan silang bar yang lebih rendah dari Lady frame X. Guna menghindari model crossframe yang telah dipatenkan oleh Raleigh itu, ada beberapa produsen sepeda lain yang membuat gaya crossframe yang berbeda dari bingkai silang milik Raleigh. Ada banyak kasus yang telah diproses pengadilan atas pelanggaran hak paten bingkai silang ini.

Salah satu produsen sepeda asal Belanda yang membuat bingkai silang adalah Locomotief. Bingkai crossframe sepeda Locomotief ini dipatenkan pada 1930-an. Salah satu model crossframe ini adalah Locomotief Super De Luxe keluaran 1954. Sepeda ini merupakan model Top of The Range yang dipromosikan sebagai sepeda unisex (wandu). Meskipun sepeda Locomotief crossframe ini lebih tepat disebut sebagai priesterrijwiel, yang berarti sepeda pastur (imam). Sepeda Locomotief crossframe ini sangat membantu perkembangan model crossframe di Belanda , dan merupakan model yang paling populer . Sebenarnya sepeda model Locomotief crossframe ini dirancang dengan gaya yang sangat baik sejak 1936 hingga 1955.

Di negeri Belanda, sepeda model crossframe menjadi benar-benar populer pada periode tahun tiga puluhan akhir, bersama-sama dengan reintroduksi dari sepeda dengan kategori yang berbeda seperti sepeda tandem, serta pengembangan industri sepeda. Setelah resesi ekonomi dari paruh pertama di tahun 1930-an, konsumen membeli lebih banyak sepeda. Tentunya hal ini memberi peluang untuk sepeda dengan model yang lebih khusus.

Salah satu produsen sepeda di Belanda yang membuat model khusus ini adalah Gazelle pada 1930. Merek-merek terkenal lainnya seperti Simplex, Juncker, Locomotief dan Germaan mengikutinya pada akhir 1930-an. Pada awal 1950-an, setiap merek ternama sepeda Belanda memiliki satu atau lebih model khusus ini dalam koleksinya, dengan pengecualian yang mencolok yaitu sepeda Fongers yang tak memiliki banyak model khusus ini.

Sepeda Locomotief bergabung dengan Simplex pada tahun 1952. Penggabungan (merger) dua produsen sepeda ini terbilang sukses. Bagaimana tidak, pada 1960, perusahaan ini telah memproduksi sekitar 10% dari total produksi sepeda di Belanda. Mungkin model khusus yang paling populer adalah Locomotief crossframe super de Luxe ini, yang diperkenalkan sebagai persilangan bingkai unisex. Seperti sepeda Velosolex di Perancis dan sepeda Raleigh Superbe X di Inggris. Frame sepeda silang dari Locomotief ini menjadi ikon di negeri kincir angin itu. (Oldbike In History, Sumber dan foto koleksi : Oldbike.eu)

Sumber : FB Oldbike In History

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s